Rabu, 24 Oktober 2012

Review Smartfren Andro Max



Review Smartfren Andro Max
Review Smartfren Andro Max - Kemunculan varian model kedua ini ditargetkan untuk meraup pangsa entry level yang potensial.

Setelah tahun lalu meluncurkan seri Wide sebagai smartphone pertama berbasis Android, Smartfren kembali menghadirkan generasi kedua yang berjuluk Andro dengan dua varian.

Varian pertama memiliki spesifikasi cukup tinggi (E910), namun masih menggunakan Android 2.3 (Gingerbread). Sementara yang kami coba kali ini merupakan versi terbaru/kedua dengan spesifikasi komponen sedikit lebih rendah namun berjalan dengan Android 4 (Ice Cream Sandwich - ICS). Versi kedua ini muncul dengan harga lebih ekonomis.

Sebenarnya kemunculan Andro Max merupakan langkah Smartfren untuk kembali meraih pelanggan. Ini mengingat 60% pengguna mereka merupakan pelanggan data/Internet. Andro Max sendiri sejatinya merupakan produk Hisense E860 dari Cina. Produk ini menjadi andalan baru operator CDMA ini setelah berhasil menggaet pasar lewat produk ZTE (Wide) dan Samsung (Galaxy Y). Yuk kita intip apa saja kemampuannya.

Menggenggam Andro Max mengingatkan kami pada LG Optimus 2X yang memang memiliki menu kontrol cukup serupa namun dengan bagian belakang yang lebih mirip Samsung Galaxy Y. Smartphone ini mengandalkan prosesor 800 MHz dan pengolah grafis Adreno 200. Layar TFT 3,5”-nya terbilang memiliki daya kontras tinggi. Sayangnya, tampilannya tampak kurang halus karena hanya beresolusi 480x320 pixel. Ini tentu saja lebih rendah dibandingkan produk pendahulunya (Smartfren Wide).

Pengalaman menggunakan ponsel pintar ini cukup menyenangkan tanpa adanya efek tunda (lag) yang berarti . Banyak game juga berjalan mulus kecuali yang berjenis high definition HD. Namun untuk smartphone berlayar di bawah 5”, tentunya kinerja chip Adreno 200 tidaklah mengecewakan. Kami pun menyukai beberapa aplikasi yang sudah disiapkan Smartfren semacam Pustaka, RBT (musik), hingga Viki (hiburan video).

Untuk menarik pelanggan, paket Andro Max telah dibundel dengan perdana Smartfren. Paket ini memberi bonus kuota 500 MB setelah diisi pulsa Rp50 ribu. Asyiknya, di smartphone telah tersedia widget yang menginformasikan sisa pulsa dan masa aktif pemakaian paket data. Jadi Anda akan selalu tahu kapan harus memperpanjang layanan tersebut melalui homescreen.

****

Mereka yang membutuhkan Internet via jalur CDMA akan menyukai paket Andro Max dari Smartfren kali ini. Kombinasi kinerja dan feature-nya cukup lumayan. Apalagi sistemnya tergolong baru dengan harga promosi yang sangat melegakan bagi yang berdana terbatas.


Hasil Pengujian

Samsung Galaxy Y (SCH-i509-versi CDMA) menjadi lawan setanding yang tepat mengingat spesifikasinya cukup mirip (kecuali CPU di Galaxy Y hanya berkecepatan 600 MHz). Namun dengan selisih 200 MHz, terlihat Andro Max berlari lebih kencang termasuk juga lebih mulus menangani grafis. Untuk kelas low-end tentunya Andro Max lumayan memuaskan meski resolusi layarnya terbilang rendah.

Pengujian
Samsung Galaxy Y
Smartfren Andro Max
Quadrant Advanced 1.1.6 Total
1043
1641
Linpack Pro for Android
7,639 MFLOPS
20,502 MFLOPS
Smartbench 2012 Productivity
272
695
Smartbench 2012 Games
1280
1532
Nenamark 2.3
-
15,7 fps

*Skor makin tinggi makin bagus
Spesifikasi
Prosesor
Qualcomm MSM7625A 800MHz (ARMv7)
RAM
512 MB
Kartu Grafis
Adreno 200
Jaringan selular
CDMA 2000 1x EVDO Rev.A
Internal storage
1 GB NAND Flash
Wireless
WiFi (802.11 b/g/n), Bluetooth 2.1, GPS
Kamera
micro USB
Lain – Lain
3 MP (belakang)
Layar
3,5” / 320x480 pixel (HVGA) Capacitive touchscreen
Sistem Operasi
Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Bobot
125 gram
Dimensi
11,2x6x1,1 cm
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga (kisaran)*
Rp888.000 (bonus microSD 2 GB + perdana Smartfren)





Baterai
Jika charger dari adaptor bawaan dengan output 680 mAh terlalu lama mengisi baterai 1200 mAh, ada baiknya memakai adaptor yang bisa mengisi isi ulang lebih cepat (dengan output 1-2 ampere).

Battery Review Smartfren Andro Max

Gudang Musik
Para pecinta musik bisa mendapatkan banyak koleksi musik secara legal dari aplikasi Gudang Musik yang didukung oleh provider Melon.

Gudang Musik Review Smartfren Andro Max

Smart Store
Smartfren menyediakan pula jalur khusus untuk mengunduh aplikasi. Aplikasi yang disebut Smart Store ini berisi aplikasi/game terpilih termasuk buatan lokal (Indonesia).

Review Smartfren Andro Max

Plus    : Desain menarik; kinerja lumayan; sistem Android 4; aplikasi khas; harga terjangkau.

Minus : Resolusi layar rendah; charger lamban; tanpa Magnetic Field Sensor; durasi rekam video terbatas; tanpa kamera depan.


Skor Penilaian
- Kinerja          : 3,4 
- Fasilitas         : 4 
- Kemudahan    : 4,25 
- Harga            : 5 
- Skor total      : 4,07



Demikian Artikel Review Smartfren Andro Max cukup sampai disini, semoga bermanfaat info Spesifikasi Smartfren Andro Max.

0 komentar:

Posting Komentar

 

leyongdae Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet Blogger Templates © 2008